Gratis Pengiriman Seluruh Indonesia Minimum Belanja Rp.300.000
Gratis Pengiriman Seluruh Indonesia Minimum Belanja Rp.300.000
IMG-LOGO
IMG-BLOG
27 May 2019

Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Buruk Bagi Kulit


Udah cuci muka setiap pagi dan malem, pakai moisturizerterbaik hasil reviewdari temen-temen, ke salon buat facialseminggu sekali, tapi kenapa kulit kamu tetep nggak bisa se-glowing Jennifer Lopez dan se-FlawlessMiranda Kerr? Well, bisa jadi karena kamu terlalu fokus sama produk apa yang harus dipakai, dan melupakan hal-hal kecil yang ternyata berdampak besar banget buat kulit kamu. Yuk cek, mana aja dari kebiasaan sehari-hari berikut ini yang tanpa sadar udah melukai kecantikan kulit kamu.

1. Terlalu Sering Exfoliate

Mungkin banyak dari kita yang percaya bahwa mengangkat sel kulit mati setiap hari dengan exfoliator bisa bikin kulit terlihat lebih kinclong. Emang sih, secara logika, semakin sering digosok maka suatu permukaan bakal jadi semakin lebih bersih dan lepas dari noda. Tapi ingat, kulit kita bukan panci yang butuh digosok keras-keras dengan sabut cuci piring kasar. Nyatanya, kulit kita merupakan bagian yang super sensitif dan gampang iritasi. Nah, produk-produk exfoliatoryang seringnya mengandung butiran kasar yang bertujuan mengangkat sel kulit mati dan kotoran-kotoran membandel di kulit, sebenarnya tidak ditujukkan untuk pemakaian tiap hari. Dalam seminggu 2-3 kali aja cukup kok. Pilih juga produk-produk exfoliator yang memiliki butiran scrub yang tidak terlalu harshatau kasar. Karena kalo keseringan dan produk yang kamu pakai terlalu kasar, bisa-bisa bukan kulit glowing yang didapat, malah jadi kemerahan, iritasi, bahkan bisa sampai menimbulkan luka. 

 

2. …atau Sama Sekali Tidak Exfoliate

Walaupun di atas sempat dijelaskan kalau exfoliateterlalu sering bisa memunculkan berbagai masalah kulit, bukan berarti kamu harus menghindari exfoliate sama sekali. Setelah beraktifitas seminggu penuh, tentunya kulit kamu perlu dibersihkan secara maksimal. Polusi udara serta sinar UVA dan UVB yang terpapar ke kulit kamu, menumpuk sel-sel kulit mati yang nggak akan cukup bila dibersihkan pake sabun mandi atau pencuci muka biasa. Nah,disinilah fungsi scrub atau butiran-butiran kasar di dalam produk exfoliatorsangat dibutuhkan. Tapi ingat, jangan melakukan hal ini keseringan dan selalu aplikasikan produk dengan gerakkan memutar yang lembut sehingga kulit kamu terhindar dari iritasi.

 

3. Melupakan Sun Block

Tahukah kamu, kalo matahari bisa jadi sahabat yang baik, sekaligus musuh terbesar buat kulit kamu?

Sinar matahari pagi memang mengandung jutaan manfaat, salah satunya vitamin D yang baik untuk menguatkan tulang dan menurunkan kadar kolestrol darah sehingga dapat membantu melawan penyakit jantung. Tapi jangan dilupain, kalo matahari juga mengandung sinar UVA dan UVB yang dapat mempercepat penuaan kulit, membuat kulit terbakar, bahkan sampai memicu kanker. Selain itu, beberapa produk-produk kecantikan seperti vitamin C, juga dianjurkan dipakai berbarengan dengan penggunaan sun block yang tepat agar hasilnya lebih efektif dan nggak menimbulkan iritasi.  Jadi, jangan lupa untuk selalu memasukkan sun block di tahapan skin care routine kamu ya. Tenang aja, kamu cuma perlu pakai sun block di pagi – siang hari aja kok. Karena setelah jam 4 sore dan dibawah jam 10 pagi, sinar matahari masih bersahabat bagi kesehatan kulit dan tubuh kamu.

 

4. Kurang Tidur

Padatnya pekerjaan dan banyaknya tugas kadang bikin kita suka lupa sama waktu hingga beberapa hal penting harus dikorbankan, misalnya istirahat yang cukup. Tanpa sadar, kurangnya jam tidur ini bisa jadi faktor pemicu kulit kusam dan penampakan fine lines terutama di sekitar mata makin terlihat. Seorang dermatologis asal New York City, Amerika Serikat, Amy Wechsler, menyarankan tidur cukup selama 7-8 jam setiap hari untuk mendorong proses regenerasi sel kulit baru dan menyediakan waktu bagi tubuh untuk menghasilkan kolagen alami yang sangat baik bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Tidur cukup juga bisa membuat otak manusia berfungsi dengan lebih baik, meningkatkan fokus, dan membuat pikiran lebih positif. Percaya atau tidak, semua dampak di atas bakal berpengaruh besar pada kulit kamu, alhasil, wajah akan terlihat lebih cerah dan bercahaya.

 

5. Dirty Make-Up Brushes

Pada prinsipnya, semua benda yang telah menyentuh kulit wajah kamu, bakal punya dampaknya masing-masing. Kalo kamu keseringan memegang muka dengan tangan kotor, maka kotoran dari tangan bisa berpindah ke muka kamu, yang berujung pada pembentukan jerawat dan tampilan muka yang kusam. Prinsip yang sama juga bisa diterapkan sama kuas make-up, seringkali tanpa disadari kamu nggak memperhatikan kebersihan alat-alat make-upyang notabenenya menyentuh muka kamu setiap hari. Dan bisa jadi menjadi pemicu tumbuhnya jerawat dan bikin muka kamu nggak kinclong-kinclong. Sering-sering cuci kuas make-up kamu terutama sehabis dipakai sama orang lain, kita nggak pernah tahu virus atau bakteri apa yang bisa aja ditularkan orang lain lewat alat-alat make-up. 

 

6. Jarang Cuci Tangan

Seperti yang udah disebutkan di atas, memegang muka dengan kondisi tangan kotor, terbukti bisa memunculkan berbagai macam masalah kulit. Hayo ngaku, siapa disini yang cuci tangan kalo mau makan doang? Padahal, kita semua tahu kalo tangan yang kotor adalah sumber dari semua penyakit, nggak cuma buat kesehatan fisik doang, tangan yang kotor bisa juga menimbulkan berbagai masalah kulit. Misalnya aja, setelah seharian di luar rumah dan secara nggak sadar, tanpa cuci tangan kamu langsung memegang muka kamu, atau pakai moisturizer dan body-lotion ke kulit kamu. Bisa aja, bakteri dan virus-virus yang ada di tangan kamu, ke transfer ke kulit, dan berujung menimbulkan jerawat atapun masalah kulit lainnya. Don’t be dirty, biasakan untuk mencuci tangan kamu setiap beberapa jam sekali, atau setidaknya setelah melakukan aktifitas-aktifitas seperti main handphone, mengetik di laptop, buang air kecil, atau sesimplemembuka handle pintu di tempat umum. Jangan lupa juga untuk selalu cuci tangan menggunakan sabun dengan bersih, karena air aja nggak akan pernah cukup untuk membunuh kotoran-kotoran bandel itu.

 

6. Mandi Air Hangat

Siapa sih yang nggak suka berlama-lama mandi di bawah guyuran air hangat atau berendam di bathub berisi air hangat sambil minum champagne dan ditemenin sama alunan musik klasik? We bet, you do. Tapi kayaknya, kebiasaan itu harus kamu tinggalin pelan-pelan deh. Karena nyatanya, mandi lama-lama di air yang hangat bahkan cenderung panas bisa menyebabkan kerusakan sel-sel keratin yang erletak di lapisan terluar kulit kita atau epidermis. Menipisnya sel keratin ini, bakal bikin kulit kamu mengering dan menyebabkan kondisi-kondisi tertentu seperti gatal-gatal, iritasi, bahkan eksim. Tapi tenang aja, buat kamu pecinta air hangat, kami masih bisa menikmatinya kok, asalkan nggak lama-lama dan suhu airnya jangan panas-panas ya.

Itulah kebiasaan sehari-hari yang seringkali secara nggak sadar kita lakukan, dan ternyata berdampak besar pada kulit kita. Jangan terlalu fokus buat nabung supaya bisa pake produk kecantikan super mahal, tapi kamunya masih nggak memperhatikan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas.Gampangnya, perlakukan kulit kita seperti memperlakukan kulit bayi, hal-hal yang nggak bakal kamu lakukan ke kulit bayi yang mulus dan tanpa cacat-cela itu, jangan kamu lakukan juga ke kulit kamu. Invest in your skin, it is going to represent you for a long time –F.


by Febe Marcella

Kleveru Way to Pamper Yourself